Rabu, 13 Februari 2013

Kemplang


Kemplang tergolong salah satu camilan khas Lampung yang cukup istimewa. Rasanya yang gurih dengan campuran bahan baku ikan ditambah dengan sambal khusus membuat kerupuk ini memiliki citarasa yang berbeda dari olahan kerupuk lainnya. Melalui proses pemanggangan, tekstur kerupuk ini lebih keras atau kurang renyah jika dibandingkan dengan kerupuk lainnya. Namun, justru hal itulah yang membuat kerupuk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Selain terkenal dengan rasa gurihnya, Kemplang termasuk makanan yang tidak membuat kenyang sehingga biasa dimakan sebagai camilan.
Kemplang juga tergolong makanan yang sehat dikonsumsi. Pembuatan Kemplang dengan cara dipanggang secara otomatis membuat kerupuk terhindar dari kolesterol yang banyak ditemukan pada makanan yang digoreng. Kehadiran ikan tenggiri sebagai bahan pelengkap menjadikan camilan ini bernilai gizi tinggi. Ikan tenggiri dikenal kaya dengan kandungan omega 3, vitamin D, dan selenium (Se) dengan bobot atom sekitar 78,96.
Menurut berbagai sumber, omega 3 merupakan salah satu zat gizi yang sangat vital untuk mendukung kesehatan dan mencegah munculnya penyakit degeneratif (penyakit akibat penuaan), seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, asteoporosis. Selain itu, omega 3 juga sangat berperan untuk menumbuhkan sel-sel otak dan kecerdasan anak sejak dari janin di dalam kandungan. Maka, tidak mengherankan jika asam lemak omega 3 ini banyak ditambahkan dalam makanan dan susu untuk bayi.
Selain sehat untuk dikonsumsi, cara membuat Kemplang cukup mudah. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berupa 1 kg ikan segar (tenggiri atau gabus), 2 kg sagu, 750 ml air, 4/5 ons garam, dan bumbu penyedap rasa 1/5 ons. Setelah bahan-bahan siap, daging ikan segar digiling hingga halus bersama air, garam, dan bumbu penyedap rasa. Adonan tersebut diaduk hingga rata lalu dicampurkan dengan sagu dan dilumatkan. Setelah itu, adonan ditimbang dengan berat masing-masing sekitar 1 kilogram, kemudian dibuat lenjeran (bulat panjang). Adonan yang telah dibuat lenjeran tersebut kemudian direbus terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam. Setelah agak kering, adonan diiris-iris tipis kemudian dijemur. Setelah kering, adonan pun siap dipanggang dengan bara api.
Untuk mendapatkan Kemplang berkualitas bisa datang langsung ke Mulyosari 16 Polos, Metro Barat, Metro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar